SELAMAT DATANG di semuaberkarya.blogspot.com

Selasa, 31 Juli 2012

Bridal Mask OST (2012)


















Watch at Dramafever
Pre-order at YesAsia.com

01. Goodbye Day - Ulala Session
02. I Couldn't - 4Men
03. After the Sunset - Gavy NJ
04. You In My Arms - Bohemian
05. Judgement Day -Joo Won feat Lee Jung Hyun
06. 그 한 마디 - 멜로디데이
07. 사랑 그리고 사랑 – 주원
08. It Doesn't Work - Jung Eun Byul
09. Unrequited Love - Han Chae Ah
10. 아파와도 - 이슬비

You Might Also Like:
Big OST (2012)
Ghost 유령 OST (2012)
City Hunter Special OST (2011)
BoA Vol. 7 - Only One (2012)
BEAST Mini Album Vol. 5 - Midnight Sun (2012)


01. Goodbye Day - Ulala Session


02. I Couldn't - 4Men


03. After the Sunset - Gavy NJ


04. You In My Arms - Bohemian


05. Judgement Day -Joo Won feat Lee Jung Hyun


06. 그 한 마디 - 멜로디데이


07. 사랑 그리고 사랑 – 주원


08. It Doesn't Work - Jung Eun Byul


09. Unrequited Love - Han Chae Ah


10. 아파와도 - 이슬비

Daftar Harga Laptop Apple 2012

Daftar Harga Laptop Apple July 2012, silahkan anda cek harga di sini, sebelum anda berangkat ke toko Elektronik langganan anda. semua harga bukan harga pasti setiap toko atau daerah memiliki harga standar masing-masing.
Berikut Adalah Daftar Harga Laptop Apple July 2012.

merk/Type spec Harga Baru(Rp)
Apple MacBook Air MC965 Intel Core i5 1.7Ghz, 4GB DDR3, 128GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS X Lion Rp. 12.500.000
Apple MacBook Air MC965 Intel Core i5 1.7Ghz, 4GB DDR3, 128GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS X Lion Rp. 12.500.000
Apple MacBook Air MC966 Intel Core i5 1.7Ghz, 4GB DDR3, 256GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS X Lion Rp.15.500.000
Apple MacBook Air MC966 Intel Core i5 1.7Ghz, 4GB DDR3, 256GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS X Lion Rp.15.500.000
Apple MacBook Air MC968 Rp.
Intel Core i5 1.6Ghz, 2GB DDR3, 64GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 11.6inch WLED, Mac OS X Lion Rp.9.900.000
Apple MacBook Air MC968 Intel Core i5 1.6Ghz, 2GB DDR3, 64GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 11.6inch WLED, Mac OS X Lion Rp.9.900.000
Apple MacBook Air MC969 Intel Core i5 1.6Ghz, 2GB DDR3, 128GB SSD, No Optical Drive, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 11.6inch WLED, Mac OS X Lion Rp.11.800.000
Apple MacBook Pro MC700 Intel Core i5 2.3Ghz, 4GB (2x2GB) DDR3, 320GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Intel HD 3000, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS X Snow Leopard Rp.10.800.000
Apple MacBook Pro MC721 Intel Core i7 2.0Ghz, 4GB (2x2GB) DDR3, 500GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Ati Radeon HD 6490M 256MB, Camera, 15.4inch WLED, Mac OS X Snow Leopard Rp.15.900.000
Apple MacBook Pro MC723 Intel Core i7 2.0Ghz, 4GB (2x2GB) DDR3, 750GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Ati Radeon HD 6750M 1GB, Camera, 15.4inch WLED, Mac OS X Snow Leopard Rp. 19.300.000
Apple MacBook Pro MC724 Intel Core i7 2.7Ghz, 4GB (2x2GB) DDR3, 500GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Intel HD 3000, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS X Snow Leopard Rp. 13.700.000
Apple MacBook Pro MD101 Intel Core i5 2.5Ghz, 4GB DDR3, 500GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS Rp.13.100.000
Apple MacBook Pro MD102 Intel Core i7 2.9Ghz, 8GB DDR3, 750GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Intel HD, Camera, 13.3inch WLED, Mac OS Rp. 16.000.000
Apple MacBook Pro MD103 Intel Core i7 2.3Ghz, 4GB DDR3, 500GB, DVDRW, Wifi, Bluetooth, Nvidia Geforce GT650M 512MB, Camera, 15.4inch WLED, Mac OS Rp.20.100.000

Foto foto kucing lucu dan imut

Foto kucing lucu - Kucing adalah hewan yang sangat sering ditemui di kehidupan manusia, sebab sesungguhnya habitat asli kucing memang ditakdirkan untuk dekat dengan manusia. Mungkin ada diantara anda yang pernah berpikir bahwa kucing juga merupakan hewan yang paling nyaman, sebab telah menjadi peliharaan manusia dan hidup nyaman sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Kedekatan kucing dengan manusia membuat kita kadang sering melihat tingkah laku aneh dari hewan ini. Nah, berikut ini merupakan kumpulan gambar lucu yang sempat diabadikan lewat foto foto kucing yang lucu dan imut. Semoga bisa menyegarkan otak yang lagi stress...










Artikel terkait :

Foto lucu
Foto hantu 
Gambar aneh
Gambar tato

Senin, 30 Juli 2012

Daftar Harga Laptop A-Note July 2012

Daftar Harga Laptop A-Note July 2012, silahkan anda cek harga di sini, sebelum anda berangkat ke toko Elektronik langganan anda. semua harga bukan haega pasti setiap toko atau daerah memiliki harga standar masing-masing.
Berikut Adalah Daftar Harga Laptop A-Note July 2012.

Merk/Type Spec Harga Baru(Rp)
A-Note Centurion C-9433 Intel Core 2 Duo T5550 ( 1.83 Ghz, 667 Mhz FSB), Memory 1 GB, 120 GB, 14.1inch, DVDRW, WiFi, Camera 1.3 M Pixel, Card Reader, Modem Rp.5.500.000
A-Note Centurion C-9357 Intel Core 2 Duo T5750 (1.83 Ghz, 667 Mhz FSB), Memory 1 GB, 120 GB, 13.3inch, DVDRW, WiFi, Camera 1.3 M Pixel, Card Reader, Modem Rp.6.000.000
A-Note Centurion C-9275 Tab Intel Core 2 Duo T7500 ( 2.20 Ghz, 800 Mhz FSB), Memory 2 GB, 250 GB, 12.1inch, DVDRW, WiFi, Camera 2.0 M Pixel, Card Reader, Fingerprint, Modem. Rp.10.800.000
A-Note Centurion C-8473 Intel Core 2 Duo T7300 (2,0 Ghz, 800 Mhz FSB), Memory 2 GB, 250 GB, 14.1inch, DVDRW, WiFi, Camera 1.3 M Pixel, Card Reader, Modem Rp.7.000.000
A-Note Centurion C-8272 Intel Core 2 Duo T7200 (2.0 Ghz, 667 Mhz FSB), Memory 2 GB, 160 GB, 12.1inch, DVDRW, WiFi, Camera 1.3 M Pixel, Card Reader, Modem. Rp.6.700.000
A-Note Centurion A-5473 Intel Core 2 Duo T7300 ( 2,0 Ghz, 800 Mhz FSB), Memory 2 GB, 160 GB, 14.1inch, DVDRW, WiFi, Camera 1.3 M Pixel, Card Reader. Rp.6.000.000

Daftar Harga Laptop Aedupac July 2012

Daftar Harga Laptop Aedupac July 2012 , silahkan anda cek harga di sini, sebelum anda berangkat ke toko Elektronik langganan anda. semua harga bukan harga pasti setiap toko atau daerah memiliki harga standar masing-masing.
Berikut Adalah Daftar Harga Laptop  Aedupac July 2012

merk/Type spac Harga baru(Rp)
Aedupac Orca M700-P16220 Pentium B940 2.0Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel GMA, Non OS, Batt 6 cell Rp.3.500.000
Aedupac Orca M700-P16430 Pentium B940 2.0Ghz, 4GB DDR3, 500GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel GMA, Non OS, Batt 6 cell Rp.3.700.000
Aedupac Orca M700-P17220 Pentium B950 2.1Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel HD, Non OS, Batt 6 cell Rp.3.600.000
Aedupac Orca M700-P17430 Pentium B950 2.1Ghz, 4GB DDR3, 500GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel HD, Non OS, Batt 6 cell Rp.3.800.000
Aedupac Orca M700-S12230 Core i3 2330M 2.2Ghz, 2GB DDR3, 500GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel HD, Non OS, Batt 6 cell Rp.4.300.000
Aedupac Orca MV-310 Core i3 370 2.4Ghz, 1GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel GMA, Non OS, Batt 6 cell Rp.3.500.000
Aedupac Orca PV-311 i3 Core i3 370 2.4Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Nvidia Geforce 310M 512MB, Non OS, Batt 6 cell Rp.4.200.000
Aedupac Orca PX-311 i5 Core i5 460 2.53Ghz, 2GB DDR3, 500GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Nvidia Geforce 310M 512MB, Non OS, Batt 6 cell Rp.5.100.000
Aedupac Orca VM-305 Intel P4600 2.0Ghz, 1GB, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Non OS, Batt 6 cell Rp.2.600.000
Aedupac Orca VP-310 Pentium P6100 2.0Ghz, 1GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Card Reader, Camera, Intel GMA, Non OS, Batt 6 cell Rp.2.800.000
Aedupac Phoenix VA-510 Intel Atom N550 1.5Ghz, 1GB DDR3, 320GB, 10inch WSVGA, No Optical Drive, Wifi, Card Reader, Camera, Intel GMA, Non OS, Batt 3 cell Rp. 2.000.000

Daftar Harga Laptop Advan July 2012

Daftar Harga Laptop Advan July 2012 , silahkan anda cek harga di sini, sebelum anda berangkat ke toko Elektronik langganan anda. semua harga bukan harga pasti setiap toko atau daerah memiliki harga standar masing-masing.
Berikut Adalah Daftar Harga Laptop Advan July 2012

merk/Type spec Harga baru(Rp)
Advan Z4D-25232 Intel Atom D2500 1.86Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,3.000.000
Advan P3N-51125 Intel Atom D510 1.66Ghz, 1GB (1 Slot RAM), 250GB, 13.3inch WXGA, Intel GMA, No Optical Drive, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,2.100.000
Advan P1N-46132 Intel Atom N455 1.66Ghz, 1GB (1 Slot RAM), 320GB, 10inch WXGA, Intel GMA, No Optical Drive, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,2.000.000
Advan P1N-46120S Intel Atom N455 1.66Ghz, 1GB (1 Slot RAM), 200GB, 10inch WXGA, Intel GMA, No Optical Drive, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,1.900.000
Advan M4-50232 AMD C50 1.0Ghz, 1GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, Ati Radeon HD6250, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,2.900.000
Advan M4-33232 AMD Athlon II N330 2.3Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,3.100.000
Advan M4-33132 AMD Athlon II N330 2.3Ghz, 1GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, Ati Radeon HD4250, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,2.800.000
Advan G4i-35132 Core i3-350M, 1GB DDR3, 320GB HDD, DVD±RW, NIC, WiFi, VGA Intel GMA HD 256MB (shared), Camera, 14inch WXGA, Non OS, Black, Blue, Red, Violet Rp,3.500.000
Advan G4i-23232 Core i3 2330 2.2Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, Intel GMA, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,4.000.000
Advan G4D-94232 Pentium B940 2.0Ghz, 2GB DDR3, 320GB, 14inch WXGA, Intel GMA, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,3.300.000
Advan G4D-62132 Intel P6200, 1GB DDR3, 320GB HDD, DVD±RW, NIC, WiFi, VGA Intel GMA HD 256MB (shared), Camera, 14inch WXGA, Non OS Rp,2.800.000
Advan G4D-62125 Intel Pentium P6200 2.0Ghz, 1GB DDR3, 250GB, 14inch WXGA, Intel GMA, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,2.700.000
Advan G4D-61132 Pentium P6100, 1GB DDR3, 320GB HDD, DVD±RW, NIC, WiFi, VGA Intel GMA HD 256MB (shared), Camera, 14inch WXGA, Non OS, Black Rp,2.700.000
Advan G4D-44125 Intel Dual Core T4400 (2.1Ghz), 1GB DDR3 RAM, 250GB SATA HDD, DVDRW, 14.1inch Wide, Integrated Intel GMA Shared, Card Reader, Webcam, Wifi 802.11b/g/n, Lan 10/100* Non OS Rp,3.400.000
Advan G3C90132 Celeron M900 2.0Ghz, 1GB DDR3, 320GB, 13.3inch WXGA, Intel GMA, DVDRW, Wifi, Camera, Card Reader, Non OS Rp,2.600.000

Onani Membatalkan Puasa ?


Pertama :
Asal dari perkara ibadah (yang dilakukan) adalah sah, dan penetapan atas pembatalannya membutuhkan dalil. Berdasarkan atas hal ini, dituntut bagi orang yang mendakwakan batalnya (ibadah tersebut) untuk membawakan dalil. Di sini, tidak ada dalil sharih yang menyatakan batalnya puasa akibat onani.
Kedua :
Penyamaan onani dengan jima’ adalah penyamaan secara qiyas, dan itu merupakan qiyas faasid ditinjau dari dua sisi :
1.     Tidak sahnya ‘illat.
Orang yang mengqiyaskan onani dengan jima’ meninjaunya dari dua hal berikut :
a.      Kesenangan/kenikmatan (al-ladzdzah - اللذّة) atau syahwat (الشهوة).
Jawab : Kenikmatan dalam jima’ itu lebih kuat dan lebih jelas dibandingkan kenikmatan dalam onani, sedangkan syarat adanya penyamaan (dalam qiyas) adalah keberadaan sifat yang ada dalam cabang (al-far’) sebanding dengan pokoknya (al-ashl) atau lebih kuat.
b.      Keluarnya mani.
Jawab : Hal ini tidak sah dijadikan ‘illat dalam qiyas, karena tidak ada hubungannya dengan sifat yang diqiyaskan. Jima’ tanpa disertai keluarnya mani tetap membatalkan puasa berdasarkan ijma’. Seandainya ‘illat-nya adalah keluarnya mani, konsekuensinya : jima’ tidaklah membatalkan puasa kecuali jima’ yang mengeluarkan mani. Oleh karena itu, selama keluarnya mani dalam jima’ tidak dianggap sebagai pembatal puasa, maka tidak sah menjadikannya sebagai ‘illat dalam qiyas (terhadap onani).
2.     Penempatan onani pada jima’ mengkonsekuensikan penetapan hukum-hukum jima’ pada onani. Dengan itu dikatakan : Onani itu seperti jima’ yang membatalkan puasa dan wajib membayar kaffarah. Akan tetapi kenyataannya, orang yang mengatakan onani membatalkan puasa tidak mewajibkan kaffarah padanya.
Seandainya dikatakan kaffaarah hanya masuk dalam bab celaan, maka onani yang statusnya diharamkan (dalam segala kondisi) lebih layak untuk mengkonsekuensikan kaffaarah dibandingkan jima’ yang hanya dilarang pada waktu puasa. Seandainya dikatakan kaffaarah merupakan bentuk celaan dan pemaksaan (untuk melakukannya), maka hukum jima’ dan onani hakekatnya satu (sama) dikarenakan pelanggaran kehormatan hari puasa akibat syahwat.
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
يَتْرُكُ طَعَامَهُ، وَشَرَابَهُ، وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي الصِّيَامُ لِي
“....Ia meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya dikarenakan puasanya untuk-Ku...” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1894 & 7492, Muslim no. 1151, Ibnu Maajah no. 1638, Ad-Daarimiy no. 1770, dan yang lainnya dari Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu].
Hadits ini dijadikan dalil bahwa onani membatalkan puasa. Jika dikatakan bahwa lafadh syahwat dalam hadits ini adalah umum, sehingga dipahami mencakup jima’ dan onani, namun mengapa mereka tidak memasukkan bermesra-mesraan dan mencium dengan istri sebagai pembatal puasa (tanpa mengeluarkan mani) ? padahal ia masuk dalam keumuman lafadh tersebut (syahwat).
حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، قَالَ: عَنْ شُعْبَةَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، عَنِ الْأَسْوَدِ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: " كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَبِّلُ وَيُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ، وَكَانَ أَمْلَكَكُمْ لِإِرْبِهِ "
Telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin Harb, ia berkata : Dari Syu’bah, dari Al-Hakam, dari Ibraahiim, dari Al-Aswad, dari ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa, ia berkata : “Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah mencium dan bermesraan (dengan istrinya) ketika sedang berpuasa. Dan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling kuat menahan keinginannya (hawa nafsunya) di antara kalian” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1927].
Dan dengan hadits ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhu ini dapat diketahui bahwa syahwat yang dimaksudkan dalam hadits sebelumnya adalah jima’.
حَدَّثَنَا رَبِيعٌ الْمُؤَذِّنُ، قَالَ: ثنا شُعَيْبٌ، قَالَ: ثنا اللَّيْثُ، عَنْ بُكَيْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الأَشَجِّ، عَنْ أَبِي مُرَّةَ، مَوْلَى عَقِيلٍ عَنْ حَكِيمِ بْنِ عِقَالٍ، أَنَّهُ قَالَ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا " مَا يَحْرُمُ عَلَيَّ مِنَ امْرَأَتِي وَأَنَا صَائِمٌ ؟ قَالَتْ: فَرْجُهَا "
Telah menceritakan kepada kami Rabii’ Al-Muadzdzin, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’aib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Laits, dari Bukair bin ‘Abdillah bin Al-Asyajj, dari Abu Murrah maulaa ‘Aqiil, dari Hakiim bin ‘Iqaal : Bahwasannya ia pernah bertanya kepada ‘Aaisyah radliyallaahu ‘anhaa : Apa yang diharamkan dari istriku sedangkan aku berpuasa ?”. Ia menjawab : “Farji(kemaluan)-nya” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaarno. 2190; sanadnya shahih].
عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي قِلابَةَ، عَنْ مَسْرُوقٍ، قَالَ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ مَا يَحِلُّ لِلرَّجُلِ مِنَ امْرَأَتِهِ صَائِمًا؟ قَالَتْ: كُلُّ شَيْءٍ إِلا الْجِمَاعَ "
Dari Ma’mar, dari Ayyuub, dari Abu Qilaabah, dari Masruuq, ia berkata : Aku bertanya kepada ‘Aaisyah tentang apa yang dihalalkan bagi seorang laki-laki yang berpuasa terhadap istrinya. Ia menjawab : “Semua hal, kecuali jima’” [Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq no. 8439].
Riwayat Ma’mar dari Ayyuub diperbincangkan oleh sebagian ahli hadits, namun dikuatkan oleh riwayat sebelumnya sehingga shahih.
Ash-Shan’aniy berkata :
الأظهر أنه لا قضاء ولا كفارة إلا على من جامع وإلحاق غير المجامع به بعيد.
“Tapi pendapat yang paling benar adalah tidak perlu qadla’ dan tidak perlu kaffarat, kecuali bagi orang yang melakukan jima’. Dan menyamakan sebab lain dengan jima’ adalah tidak benar” [Subulus-Salaam oleh Ash-Shan’aniy, 2/226; Daarul-Hadiits, Cet. Thn. 1425].
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
Semoga bahasan sederhana ini bermanfaat.
[abul-jauzaa’ – wonokarto, wonogiri – 30072012 - direvisi tanggal 02082012 dengan penambahan riwayat 'Aaisyah radliyallaahu 'anhaa].

Minggu, 29 Juli 2012

Cheat lost saga terbaru - Update 2012

Cheat lost saga - Lost saga merupakan sebuah permainan game online yang cukup populer saat ini. Permainan yang mengusung aliran MMO 3D ini awalnya dikembangkan di korea selatan dan telah mempunyai komunitas sendiri di beberapa negara. Kalau di indonesia sendiri komunitasnya dalah geemscol.

Nah, postingan dibawah ini akan berisi update cheat lost saga yang sudah kalian ketahui fungsinya yaitu untuk mempermudah permainan dengan beberapa fitur terbarunya. Hanya saja kamu perlu berhati hati karena resiko banned menanti kalau ketahuan pakai cheat.

  Download Cheat Lost Saga LS 29 Juli 2012

Fitur Cheat Lost Saga 29/07/2012
    1.  Fast Delay
    2.  Run RELIC ++
    3.  1 Kali Gali RELIC
    4.  Delay RELIC ++ ( NEW FITURE, Akan berfungsi jika sudah menggali 1x)

Bagi  anda yang menggunakan Windows 7, dibawah ini cara yang perlu anda setting terlebih dahulu

    Matikan Antivirus yang anda miliki apabila PerX.exe terdeteksi sebagai Virus
    Klik Kanan pada Perx.exe » Klik Properties
    Kemudian Klik Pada » Tab Compatibility
    Centang “Run This Program in Compatibility Mode For”
    Kemudian pilih “Windows XP Service Pack 2”
    Centang juga dibagian bawah “Run This Program As Administrator”
    Klik Apply  dan OK
    The End




Cara Menggunakan Perx Injector Untuk Lost Saga.
1. Buka PerX Injector (Pasti)
2. klik yang What To Inject, Ganti jadi lostsaga.exe
3. Klik Select Dll For Inject, Browse Dan pilih .dll yang mau di inject ke lostsaga.
4. Centang Automaticcaly.
5. Buka Lostsaga.
6. Login Lostsaga.

Feature's & Hotkey's :
Ingat Aktifkan No delay saja biar tahan NO DC

     No Delay : F1
    1 Hit Crusade : F2
    Fall Damage UP : F3
    Move Speed UP : F4

Cara Pakai :
Tekan Hotkeynya Sebelum  GG ( mau GG < waktu cmd out > ) TIMING biar gak DC
1. Untuk Windows 7 Membuka Lost Saga Jangan Pakai Double Click / Klik Dua Kali
2. Buka Lost Saga Menggunakan Klik Kanan Lost Saganya Lalu Klik Run AS Administrator

NB : Jika DC, berarti timing kurang tepat atau salah pemakaian.
Tested By Me WorkBAGI WIndows XP dan 7

ket"
cmd  = kotak hitam setelah anda menekan semua notice! / tulisan creditnya!

Artikel terkait :

cheat ninja saga
cheat pb
Cheat GTA

Antara Bid’ahnya ‘Umar bin Al-Khaththaab dan Bid’ahnya Imam Ma’shum


Ada orang Syi’ah berkata :
Di antara penakwilan mereka (yakni para Sahabat) ialah dalam azan Subuh yang tidak ada pada zaman Rasulullah SAWW; yaitu tambahan seruan muazin: "Ash-shalatu khayrun min an-naum" (shalat lebih utama daripada tidur). Bahkan hal itu tak pernah ada pada zaman Abu Bakar. Justru Khalifah Kedualah yang memerintahkannya, sebagaimana yang ditunjukkan oleh hadis-hadis mutawatir melalui saluran 'itrah (keluarga suci) Rasul SAWW 
Ada lagi yang nyeletuk :
Nashibi dengan entengnya berkata: “Walhasil , lafadh tatswib adalah lafadh yang telah ada semenjak jaman Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam , dan bahkan telah menjadi bagian dari sunnahnya yang suci. Bukan bikinan ‘Umar radliyallaahu ‘anhu sebagaimana tuduhan Syi’ah Rafidlah. Ini merupakan kesepakatan ulama Ahlus-Sunnah.”
Jadi menurutnya, Nashibi itu enteng berkata bahwa lafadh tatswiib itu telah eksis semenjak jaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Doktrinase ulama-ulama Syi’ah kepada para pengikut mereka bahwa ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhu-lah yang membuat-buat lafadh tatswiib (yaitu : ash-shalaatu khairun minan-naum = shalat lebih baik daripada tidur) memang sudah lumayan parah. Orang-orang yang terpedaya tipuan mereka pun turut serta, sebagaimana dua perkataan di atas. Bahkan diberikan pilihan : Ikut adzan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam atau adzannya ‘Umar ?.
Para ulama berbeda pendapat tentang makna tatswiib sebagaimana diterangkan oleh At-Tirmidziy rahimahullah :
وَقَدِ اخْتَلَفَ أَهْلُ الْعِلْمِ فِي تَفْسِيرِ التَّثْوِيبِ:
فَقَالَ بَعْضُهُمْ: يَقُولَ فِي أَذَانِ الْفَجْرِ الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، وَهُوَ قَوْلُ ابْنِ الْمُبَارَكِ، وَأَحْمَدَ.
وقَالَ إِسْحَاق فِي التَّثْوِيبِ غَيْرَ هَذَا، قَالَ: التَّثْوِيبُ الْمَكْرُوهُ هُوَ شَيْءٌ أَحْدَثَهُ النَّاسُ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَذَّنَ الْمُؤَذِّنُ فَاسْتَبْطَأَ الْقَوْمَ، قَالَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ قَدْ قَامَتِ الصَّلَاةُ حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ.
قَالَ: وَهَذَا الَّذِي قَالَ إِسْحَاقُ: هُوَ التَّثْوِيبُ الَّذِي قَدْ كَرِهَهُ أَهْلُ الْعِلْمِ، وَالَّذِي أَحْدَثُوهُ بَعْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
وَالَّذِي فَسَّرَ ابْنُ الْمُبَارَكِ، وَأَحْمَدُ أَنَّ التَّثْوِيبَ أَنْ يَقُولَ الْمُؤَذِّنُ فِي أَذَانِ الْفَجْرِ: الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، وَهُوَ قَوْلٌ صَحِيحٌ، وَيُقَالُ لَهُ: التَّثْوِيبُ أَيْضًا، وَهُوَ الَّذِي اخْتَارَهُ أَهْلُ الْعِلْمِ، وَرَأَوْهُ.
وَرُوِيَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ: الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، وَرُوِيَ عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: دَخَلْتُ مَعَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ مَسْجِدًا، وَقَدْ أُذِّنَ فِيهِ وَنَحْنُ نُرِيدُ أَنْ نُصَلِّيَ فِيهِ فَثَوَّبَ الْمُؤَذِّنُ، فَخَرَجَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ مِنَ الْمَسْجِدِ، وَقَالَ: اخْرُجْ بِنَا مِنْ عِنْدِ هَذَا الْمُبْتَدِعِ وَلَمْ يُصَلِّ فِيهِ.
قَالَ: وَإِنَّمَا كَرِهَ عَبْدُ اللَّهِ التَّثْوِيبَ الَّذِي أَحْدَثَهُ النَّاسُ بَعْدُ
“Para ulama telah berbeda pendapat tentang tafsir makna tatswiib.
Sebagian ulama berkata : Maknanya adalah seseorang berkata pada adzan fajr ash-shalaatu khairun minan-naum. Ini adalah pendapat Ibnul-Mubaarak dan Ahmad.
Ishaaq (bin Rahawaih) menjelaskan tentang tatswiib bukan dengan makna ini. Ia berkata : ‘Tatswiib yang makruh adalah sesuatu yang diada-adakan manusia setelah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila seorang muadzdzin mengumandangkan adzan sehingga orang-orang berlambat-lambat (bermalas-malas) untuk mendatanginya. Ia (muadzdzin) mengucapkan antara adzan dan iqamat : ‘qad qaamatish-shalaah, hayya ‘alash-shalaah, hayya ‘alal-falaah’.
Inilah yang dikatakan Ishaaq : ‘Tatswiib itulah yang dibenci para ulama yang diada-adakan sepeninggal Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam’.
Dan tatswiib yang ditafsir oleh Ibnul-Mubaarak dan Ahmad, yaitu seorang muadzdzin yang mengatakan ketika adzan fajr : ash-shalaatu khairun minan-naum. Inilah pendapat yang benar. Dan itu juga dinamakan tatswiib. Itulah yang dipilih dan diambil oleh para ulama.
Telah diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar bahwasannya ia pernah mengucapkan dalam adzan fajr : ‘ash-shalaatu khairun minan-naum’. Dan telah diriwayatkan dari Mujaahid, ia berkata : ‘Aku pernah masuk hendak melaksanakan shalat ke sebuah masjid bersama ‘Abdullah bin ‘Umar yang waktu itu sedang dikumandangkan adzan. Mu’adzdzin mengucapkan tatswiibdalam adzannya. Maka, ‘Abdullah bin ‘Umar keluar masjid dan berkata : ‘Keluarlah bersama kami. Orang ini adalah pelaku bid’ah’. Ia pun tidak jadi shalat di masjid tersebut.
‘Abdullah hanyalah membenci tatswiibyang diada-adakan manusia sepeninggal (Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam” [Sunan At-Tirmidziy, 1/239-240].
Apa yang dikatakan oleh Ishaaq bin Rahawaih tentang tatswiib bid’ah, maka ia adalah yang diada-adakan oleh ulama Kuufah dari kalangan Hanafiyyah [Al-Mabsuuth 1/130, Badaai’ush-Shanaai’1/148, Al-Binaayah 2/111, Mawaahibul-Jaliil 1/431, Al-Ausath3/23, dan Al-Mughniy 2/61].
Dalam hadits, iqamat juga disebut dengan tatswiibsebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنَا الْفُضَيْلُ يَعْنِي ابْنَ عِيَاضٍ، عَنْ هِشَامٍ. ح. قَالَ: وحَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَاللَّفْظُ لَهُ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيل بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ، عَنْ مُحَمَّدِ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا ثُوِّبَ بِالصَّلَاةِ، فَلَا يَسْعَ إِلَيْهَا أَحَدُكُمْ، وَلَكِنْ، لِيَمْشِ وَعَلَيْهِ السَّكِينَةُ، وَالْوَقَارُ، صَلِّ مَا أَدْرَكْتَ، وَاقْضِ مَا سَبَقَكَ "
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid : Telah menceritakan kepada kami Al-Fudlail bin ‘Iyaadl, dari Hisyaam, ia berkata : (ح). Dan telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb – dan lafadh ini miliknya - : Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Ibraahiim : Telah menceritakan kepada kami Hisyaam bin Hassaan, dari Muhammad bin Siiriin, dari Abu Hurairah, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa salla : “Apabila dikumandangkan ‘tatswiib’ (iqamat) untuk shalat, janganlah kalian tergesa-gesa mendatanginya. Hendaklah ia berjalan dengan tenang. Shalatlah apa yang engkau dapatkan dari imam, dan sempurnakanlah apa yang tertinggal” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 602].
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
قوله صلى الله عليه وسلم: (إذا ثوب بالصلاة) معناه إذا أقيمت سميت الإقامة تثويبا لأنها دعاء إلى الصلاة بعد الدعاء بالاَذان من قولهم ثاب إذا رجع
“Sabda beliau : ‘Apabila dikumandangkan ‘tatswiib’ untuk shalat’, maknanya adalah : apabila telah dikumandangkan iqamat. Dinamakan iqamah dengan tatswiib karena ia merupakan seruan/panggilan untuk shalat setelah seruan adzan. Berasal dari perkataan mereka : tsaaba: idzaa raja’a (apabila ia kembali)” [Syarh Shahiih Muslim, 5/100 – melalui perantaraan ta’liiq Al-Hilaaliy atas kitab Al-Muwaththa’ 1/362].
Tentang lafadh tatswiib ash-shalaatu khairun minan-nauum’, telah shahih eksistensi lafadh tersebut dalam sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam maupun di kalangan shahabat yang semasa dengan beliau, di antaranya :
1.     Hadits Anas radliyallaahu ‘anhu.
نا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ الْعِجْلِيُّ، نا أَبُو أُسَامَةَ، عَنِ ابْنِ عَوْفٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: " مِنَ السَّنَةِ إِذَا قَالَ الْمُؤَذِّنُ فِي أَذَانِ الْفَجْرِ: حَيَّ عَلَى الْفَلاحِ، قَالَ: الصَّلاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Utsmaan Al-‘Ijliy[1]: Telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah[2], dari Ibnu ‘Auf[3], dari Muhammad bin Siiriin[4], dari Anas[5], ia berkata : “Termasuk sunnah adalah jika muadzdzin berkata saat adzan fajr hayya ‘alal-falaah, maka ia mengucapkan : ash-shalaatu khairun minan-naum” [Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah no. 386].
Sanad riwayat ini shahih. Perkataan termasuk sunnah’ menurut para ulama ahli hadits dan ushul dihukumi marfuu’ (marfuu’ hukman) - sampai kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam - walau secara sanad ia mauquf.
2.     Hadits Abu Mahdzuurah radliyallaahu ‘anhu.
حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيٍّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ أَبُو الطَّبَّاعِ، ثنا سَعِيدُ بْنُ دَاوُدَ. ح وثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ، ثنا عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ صَالِحٍ ح وثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو، ثنا أَبُو حُصَيْنٍ الْقَاضِي، ثنا يَحْيَى بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ الْحِمَّانِيُّ. ح وثنا أَحْمَدُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثنا عُبَيْدُ بْنُ الْحَسَنِ الْفَوَّالُ، ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الشَّاذَكُونِيِّ، قَالُوا: ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، ثنا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ رُفَيْعٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا مَحْدُورَةَ، يَقُولُ: " كُنْتُ غُلامًا صَبِيًّا فَأَذّنْتُ بَيْنَ يَدَيِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ حُنَيْنٍ الْفَجْرَ، فَلَمَّا انْتَهَيْتُ إِلَى حَيِّ عَلَى الصَّلاةِ حَيِّ عَلَى الْفَلاحِ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَلْحِقْ فِيهَا الصَّلاةَ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ "
Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ahmad bin ‘Aliy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yuusuf Abuth-Thabbaa’ : Telah menceritakan kepada kami Sa’iid bin Daawud (ح). Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Al-Hasan[6]: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah[7]: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Hamiid bin Shaalih[8](ح). Dan telah menceritakan kepada kami Ja’far bin Muhammad bin ‘Amru : Telah menceritakan kepada kami Abu Hushain Al-Qaadliy : Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin ‘Abdil-Hamiid Al-Himmaaniy (ح). Dan telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Ishaaq : Telah menceritakan kepada kami ‘Ubaid bin Al-Hasan Al-Fawwaal : Telah menceritakan kepada kami Sulaimaan bin Daawud Asy-Syaadzakuuniy; mereka semua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin ‘Ayyaasy[9]: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Rufai’[10], ia berkata : Aku mendengar Abu Mahdzuurah[11]berkata : “Dulu ketika aku masih kecil, aku pernah mengumandangkan adzan di hadapan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam saat peperangan Hunain di waktu Shubuh. Ketika aku sampai pada bacaan hayyaa ‘alash-shalaah, hayyaa ‘alal-falaah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tambahkanlah : ash-shalaatu khairun minan-naum” [Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 8/310].
Hadits ini hasan. Terdapat beberapa jalan yang menguatkan jalan riwayat ini, di antaranya :
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ، قَالَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ: لَيْسَ هُوَ الْفَرَّاءَ، عَنْ أَبِي سَلْمَانَ، عَنْ أَبِي مَحْذُورَةَ، قَالَ: " كُنْتُ أُؤَذِّنُ فِي زَمَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ، فَإِذَا قُلْتُ: حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ، قُلْتُ: الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، الْأَذَانُ الْأَوَّلُ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan[12]: Telah menceritakan kepada kami Sufyaan[13], dari Abu Ja’far[14] – ‘Abdurrahmaan berkata : Ia (Abu Ja’far) bukanlah Al-Farraa’ - , dari Abu Salmaan[15], dari Abu Mahdzuurah, ia berkata : “Dulu aku pernah mengumandangkan adzan di jaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pada shalat Shubuh. Apabila aku mengatakan : hayya ‘alal-falaah, maka aku katakan : ash-shalaatu khairun minan-naum” [Diriwayatkan oleh Ahmad, 3/408].
Semua perawinya tsiqaat, kecuali Abu Salmaan, ia maqbuul. Perkataan Ibnu Mahdiy bahwa Abu Ja’far itu bukan Al-Farraa’, maka itu keliru, karena ia memang Al-Farraa’. Al-Mizziy rahimahullah telah memberikan bantahan atas perkataan Ibnu Mahdiy ini dalam Tahdziibul-Kamaal.
حَدَّثَنَا كَامِلٌ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا صَالِحٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا مَحْذُورَةَ، إِذَا أَذَّنَ حَيَّ عَلَى الصَّلاةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاحِ: الصَّلاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، الصَّلاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ
Telah menceritakan kepada kami Kaamil[16], ia berkata : Aku mendengar Abu Shaalih[17], ia berkata : Aku mendengar Abu Mahdzuurah apabila mengumandangkan adzan hayya ‘alash-shalaah, hayya ‘alal-falaah, mengucapkan : ash-shalaatu khairun minan-naum [Diriwayatkan oleh Al-Fadhl bin Dukain dalam Fadlaailush-Shalaah, no. 245].
Sanad riwayat ini hasan. Hal ini menunjukkan adzan Abu Mahdzuurah – salah satu muadzdzin Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam – adalah melafadhkan tatswiib.
3.     Hadits Bilaal radliyallaahu ‘anhu :
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ رَافِعٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ بِلَالٍ، أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يُؤْذِنُهُ بِصَلَاةِ الْفَجْرِ، فَقِيلَ: هُوَ نَائِمٌ، فَقَالَ: " الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ "، فَأُقِرَّتْ فِي تَأْذِينِ الْفَجْرِ، فَثَبَتَ الْأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ
Telah menceritakan kepada kami ‘Amru bin Raafi’[18]: Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Al-Mubaarak[19], dari Ma’mar[20], dari Az-Zuhriy[21], dari Sa’iid bin Al-Musayyib[22], dari Bilaal[23] : Bahwasannya ia pernah mendatangi Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallamdalam rangka mengumandangkan untuk beliau adzan shalat Shubuh. Dikatakan : “Beliau masih tidur”. Lalu Bilaal berkata : “Ash-shalaatu khairun minan-naum, ash-shalaatu khairun minan-naum”. Maka hal itu disetujui dalam adzan shubuh (oleh beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam), dan jadilah ia perkara yang tetap dalam syari’at [Diriwayatkan oleh Ibnu Maajah no. 716].
Semua perawinya tsiqaat, hanya saja sanadnya mursal karena Ibnul-Musayyib tidak pernah bertemu dengan Bilaal[24]. Al-Baihaqiy (1/422-423 no. 1983) dan Ahmad (4/42) membawakan perantara Ibnul-Musayyib dengan Bilaal, yaitu ‘Abdullah bin Zaid bin ‘Abdi Rabbih. Diriwayatkan juga dari jalan ‘Abdurrahmaan bin Abi Lailaa dan Suwaid bin Ghafalah. Riwayat berikut juga merupakan syaahid-nya :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ عِمْرَانَ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ سُوَيْدِ بْنِ غَفَلَةَ، أَنَّهُ أَرْسَلَ إِلَى مُؤَذِّنِهِ إِذَا بَلَغْتَ حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ فَقُلْ: الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، فَإِنَّهُ أَذَانُ بِلَالٍ "
Telah menceritakan kepada kami Wakii’[25], dari Sufyaan[26], dari ‘Imraan bin Muslim[27], dari Suwaid bin Ghafalah[28]: Bahwasannya ia memerintahkan muadzdzin jika sampai pada bacaan hayya ‘alal-falaah, maka hendaklah ia mengucapkan : ash-shalaatu khairun minan-nauum. Karena ia adalah adzan Bilaal [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 2168].
Sanadnya shahih, semua perawinya tsiqah.
Sudah dimaklumi bahwa Bilaal adalah salah satu muadzdzin Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Jika Suwaid mengatakan bahwa tatswiib merupakan adzan Bilaal, maka maksudnya adalah adzan Bilaal yang dikumandangkan di sisi Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Para fuqahaa’ telah bersepakat tentang masyru’-nya tatswiibdalam adzan Shubuh, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Hubairah [Al-Ifshaah ‘an Ma’aanish-Shihaah 1/67, Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/137, Al-Bahrur-Raaiq1/274 & 275, Al-Mudawwanah Al-Kubraa 1.178, Al-Istidzkaar1/75, Al-Majmuu’ 3/100-101, Mughnil-Muhtaaj 1/136, Al-Mughniy2/61, Al-Furuu’ 1/273].
Catatan : Asy-Syaafi’iy dalam al-qadiim berpendapat tentang sunnahnya tatswiib, adapun dalam al-jadiid, ia berpendapat makruuh [Al-Majmuu’, 3/100-101]. Namun pendapat baru Asy-Syaafi’iy tidak masyhuur, hingga An-Nawawiy rahimahullahberkata :
والمذهب أنه مشروع
“Dan yang dipegang madzhab, bahwasannya tatswiib itu disyari’atkan” [idem, 3/101].
Ini menunjukkan An-Nawawiy tidak terbelenggu fanatik madzhab meskipun berselisihan pendapat dengan Asy-Syaafi’iy rahimahumallah. Inilah fiqh ahlul-hadits.
Kemudian ada orang Syi’ah tergopoh-gopoh mengatakan sebagai berikut :
BID’AH TATSWIB DALAM PANDANGAN IBN UMAR
Ibn Umar menyatakan “tatswib” adalah Bid’ah
Mujahid berkata : Aku bersama Ibn Umar dan lalu ia mendengar sesorang membaca Tatswib dalam masjid. Lalu (ibn Umar) berkata : “mari kita pergi (menjauh) dari pembuat bid’ah ini (mubtadi). (al Mushanaf Abdul Razaq , J. 1 h. 475, riwayat.1832)
Terus terang saya ‘menikmati’ ulasan orang Syi’ah ini. ‘Abdurrazzaaq telah membawakan riwayat ini dalam Bab : At-Tatswiib fil-Adzaan wal-Iqaamah, lalu berkata :
عَنِ ابْنِ عُيَيْنَةَ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: كُنْتُ مَعَ ابْنِ عُمَرَ، فَسَمِعَ رَجُلا يُثَوِّبُ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَالَ: " اخْرُجْ بِنَا مِنْ عِنْدِ هَذَا الْمُبْتَدِعِ "
Dari Ibnu ‘Uyainah[29], dari Laits[30], dari Mujaahid[31], ia berkata: Aku pernah bersama Ibnu ‘Umar, lalu ia mendengar seorang laki-laki mengumandangkan tatswiib di masjid. Maka ia berkata : “Keluarlah bersama kami. Di sisi kami, orang ini adalah mubtadi’ (pelaku bid’ah)” [Al-Mushannafno. 1832].
Sanad riwayat ini adalah lemah dikarenakan Laits bin Abi Sulaim. Ada riwayat lain yang mendukung/menguatkan :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، حَدَّثَنَا أَبُو يَحْيَى الْقَتَّاتُ، عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: كُنْتُ مَعَ ابْنِ عُمَرَ، فَثَوَّبَ رَجُلٌ فِي الظُّهْرِ أَوِ الْعَصْرِ، قَالَ: " اخْرُجْ بِنَا فَإِنَّ هَذِهِ بِدْعَةٌ "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsiir[32]: Telah menceritakan kepada kami Sufyaan[33]: Telah menceritakan kepada kami Abu Yahyaa Al-Qattaat[34], dari Mujaahid, ia berkata : Aku pernah bersama Ibnu ‘Umar, lalu ada seorang lak-laki mengumandangkan tatswiib pada shalat Dhuhur atau ‘Ashar. Maka Ibnu ‘Umar berkata : “Keluarlah bersama kami, karena perbuatan ini adalah bid’ah” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 452].
Sanad riwayat ini hasan, para perawinya tsiqaat kecuali Abu Yahyaa Al-Qattaat – seorang yang lemah, namun riwayat Sufyaan darinya adalah muqaarib (pertengahan/hasan) sebagaimana dikatakan Ahmad bin Hanbal rahimahullah.
Dengan hal ini, apakah pendapat Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa tersebut sesuai dengan keinginan (baca : hawa nafsu) orang Syi’ah tersebut ?. Tentu saja bid’ah, karena tatswiib yang ada di jaman Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dikumandangkan ketika adzan Shubuh. Dan yang lebih meyakinkan lagi, Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa sendiri mengamalkan tatswiibdalam adzan, sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا عَبْدَةُ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ فِي أَذَانِهِ: " الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ "
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdah[35], dari ‘Ubaidullah[36], dari Naafi’[37], dari Ibnu ‘Umar[38] : Bahwasannya ia mengatakan dalam adzannya : ash-shalaatu khairun minan-naum [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 2171].
Sanadnya shahih, semua perawinya tsiqaat. Dalam riwayat Muhammad bin ‘Ajlaan dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar, adzan yang ia kumandangkan dengan lafadh tatswiibtersebut adalah adzan awal pada shalat Shubuh. Juga riwayat berikut :
قَالَ عَبْدُ اللَّهِ، وَأُسُامَةُ، قَالَ نَافِعٌ: " وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ إِذَا رَأَى الْفَجْرَ أَذَّنَ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ بِالنِّدَاءِ الْأُولَى، وَيَقُولُ فِي آذَانِهِ: الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ "
Telah berkata ‘Abdullah[39]dan Usaamah[40] : Telah berkata Naafi’ : “Adalah Ibnu ‘Umar jika melihat fajr, ia mengumandangkan adzan untuk shalat Shubuh dengan panggilan pertama, dan ia berkata dalam adzannya tersebut : ash-shalaatu khairun minan-naum” [Diriwayatkan oleh Ibnu Wahb dalam Al-Muwaththa’ no. 476].
Sanadnya hasan.
Sampai di sini, perkataan orang Raafidlah dalam membawakan perkataan Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa gagal total.
IMAM MA’SHUM MELAKUKAN BID’AH ?
حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنْ جَعْفَرٍ، عَنْ أَبِيهِ، وَمُسْلِمِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ، أَنَّ عَلِيَّ بْنَ حُسَيْنٍ كَانَ يُؤَذِّنُ، فَإِذَا بَلَغَ حَيَّ عَلَى الْفَلَاحِ، قَالَ: حَيَّ عَلَى خَيْرِ الْعَمَلِ، وَيَقُولُ: " هُوَ الْأَذَانُ الْأَوَّلُ "
Telah menceritakan kepada kami Haatim bin Ismaa’iil[41], dari Ja’far[42], dari ayahnya[43]dan Muslim bin Abi Maryam[44]: Bahwasannya ‘Aliy bin Al-Husain[45]pernah mengumandangkan adzan, dan apabila sampai pada perkataan hayya ‘alal-falaah, ia mengucapkan : “Hayya ‘alaa khairil-‘amal”. Dan ia berkata : “Ucapan itu ada pada adzan pertama (waktu Shubuh)” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 2251].
Sanadnya shahih.
Dengan cara pikir ortodok ala Syi’ah dalam menyikapi tatswiib yang dianggap sebagai bid’ahnya ‘Umar radliyallaahu ‘anhu – padahal tuduhan ini keliru - , maka bagaimana mereka menyikapi adzannya imam ma’shum ini ?. Tidak ada riwayat shahih lagi marfuu’ hingga Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang melegalkan lafadh hayya ‘alaa khairil-‘amal.
Imam ma’shum melakukan bid’ah ? – sama seperti (anggapan) bid’ahnya ‘Umar ?.
Lantas apa bedanya antara ‘Aliy bin Al-Husain dengan ‘Umar bin Al-Khaththaab radliyallaahu ‘anhumaa kalau begitu ?.
Apakah itu kembali pada dua aturan :
Pasal 1. Imam ma’shum tidak boleh salah.
Pasal 2. Jika terbukti bersalah, maka kembali pada Pasal 1.
? ? ?.
Jika ‘Umar senantiasa dituduh sebagai perusak syari’at – dan ia berlepas diri dari tuduhan orang-orang tolol itu – , sementara sang imam....... (?).
تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَى
“Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil”[QS. An-Najm : 22].
Mungkin sebagian golongan pandir dari mereka berkata :
Bukankah Ibnu ‘Umar juga mengucapkan hayya ‘alal khairil-‘amal dalam adzannya ?.
Benar bahwasannya ternukil dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu bahwa ia mengucapkan hayya ‘alaa khairil-‘amal dalam adzannya, sebagaimana riwayat :
حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، قَالَ: نَا عُبَيْدُ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، قَالَ: كَانَ ابْنُ عُمَرَ رُبَّمَا زَادَ فِي أَذَانِهِ حَيَّ عَلَى خَيْرِ الْعَمَلِ "
Telah menceritakan kepada kami Abu Usaamah, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami ‘Ubaidullah, dari Naafi’, ia berkata : “Ibnu ‘Umar kadang-kadang menambahkan dalam adzannya perkataan : ‘hayya ‘alaa khairil-‘amal” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah; shahih].
Akan tetapi, tidak ada bedanya antara Ibnu ‘Umar, Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, ‘Aliy, atau yang lain di kalangan shahabat radliyallaahu ‘anhum, karena yang menjadi hujjah adalah Al-Qur’an, As-Sunnah, dan ijma’. Ucapan siapapun boleh diterima dan ditolak kecuali ucapan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ahlus-Sunnah tidak mengharamkan menolak pendapat siapapun yang tidak dilandasi dalil. Pun dalam masalah ini adalah Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu.
Dan, sejak kapan orang Raafidlah itu berhujjah dengan perkataan Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaa ?. Jawabnya, sejak perkataan Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhumaatersebut bermanfaat untuk membersihkan sang imam ma’shum dari kesalahan. Tentu mereka gusar jika sang imam terbukti valid melakukan kekeliruan, meski dalam ijtihadnya. Lantas, mengapa orang-orang pandir itu menyalahkan ‘Umar dalam masalah tatswiib – padahal ‘Umar radliyallaahu ‘anhu tidak keliru dalam masalah itu - dan tidak menyalahkan sang imam ?. Jawabnya, karena ‘Umar harus salah, dan imam harus benar. Klasik lagi basi.
Adapun sikap ahlus-sunnah, maka setiap orang selain Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam tidaklah ma’shum. Abu Bakr, ‘Umar, ‘Utsmaan, ‘Aliy, dan orang-orang yang thabaqah-nya di bawah mereka di kalangan shahabat tidaklah mendapat perkecualian dalam hal ini. ‘Aliy bin Al-Husain adalah seorang ulama ahlul-bait yang shalih. Kita mencintainya, namun kita tidak menuhankannya dengan menyucikan dari kekeliruan, meski dalam ijtihadnya.
Semoga tulisan ini ada manfaatnya....
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – wonokarto, wonogiri, 29072012].


[1]      Muhammad bin ‘Utsmaan bin Karaamah Al-‘Ijliy, Abu Ja’far/Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-11, dan wafat tahun 256 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 877 no. 6174].
[2]      Hammaad bin Usaamah bin Zaid Al-Qurasyiy Abu Usaamah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat, kadang melakukan tadlis. Termasuk thabaqah ke-9, dan wafat tahun 201 H dalam usia 80 tahun. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud,  At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 267 no. 1495]. Ibnu Hajar memasukkannya dalam tingkatan kedua mudallisiin, sehingga ‘an’anah yang dibawakannya tidak memudlaratkannya.
[3]      Begitulah yang tertulis dalam Shahiih Ibni Khuzaimah. Yang benar adalah Ibnu ‘Aun sebagaimana yang terdapat dalam Sunan Al-Baihaqiy, Sunan Ad-Daaruquthniy, Al-Ausath li-Ibnil-Mundzir, Al-Mukhtarah, dan yang lainnya.
Ibnu ‘Aun adalah : ‘Abdullah bin ‘Aun bin Arthabaan Al-Muzanniy, Abu ‘Aun Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faadlil. Termasuk thabaqah ke-6, wafat tahun 150 H di Kuufah. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 533 no. 3543].
[4]      Muhammad bin Siiriin Al-Anshaariy, Abu Bakr bin Abi ‘Amrah Al-Bashriy; seorang tabi’iy masyhur, tsiqah, lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 110 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 853 no. 5985].
[5]      Anas bin Maalik bin An-Nadlr bin Dlamdlam bin Zaid bin Haraam bin Jundab bin ‘Aamir bin Ghunm bin ‘Adiy bin An-Najjaar Al-Anshaariy An-Najjaariy, Abu Hamzah Al-Madaniy; salah seorang shahabat masyhuur. Wafat tahun 93 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 154 no. 570].
[6]      Muhammad bin Ahmad bin Al-Hasan bin Ishaaq bin Ibraahiim bin ‘Abdillah, Abu ‘Aliy – terkenal dengan nama Ibnush-Shawwaaf; seorang yang tsiqah lagi ma’muun. Lahir tahun 270 H dan wafat tahun 359 H [Taariikh Baghdaad, 2/115-116 no. 90].
[7]      Muhammad bin ‘Utsmaan bin Abi Syaibah, Abu Ja’far Al-‘Absiy Al-Haafidh; seorang yang ‘aalim dan luas wawasannya dalam hadits dan rijaal, haditsnya hasan. Para ulama berbeda pendapat tentangnya, ada yang mentautsiqnya, ada pula yang men-jarh-nya, bahkan mendustakannya. Namun perkataan yang ‘adil tentangnya adalah : ia seorang yang shaduuq, hasan haditsnya. Lahir tahun 214 H, dan wafat tahun 297 H [Lisaanul-Miizaan7/340-342 no. 7158 dan Muqaddimah Kitaab Al-‘Arsy hal. 226-234].
[8]      ‘Abdul-Hamiid bin Shaalih bin ‘Ajlaan Al-Burjumiy, Abu Shaalih Al-Kuufiy; seorang yang dikatakan Ibnu Hajar : “shaduuq”. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 230 H. Dipakai oleh An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 565 no. 3790]. Bahkan ia seorang yang tsiqah. Telah ditsiqahkan oleh Muthayyin, Ibnu Hibbaan, dan Maslamah bin Al-Qaasim. Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. Ibnul-Qaani’ berkata : “Shaalih” [lihat : Tahriirut-Taqriib, 2/229 no. 3766].
[9]      Abu Bakr bin ‘Ayyaasy bin Saalim Al-Asadiy Al-Kuufiy Al-Muqri’ Al-Hanaath; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid, namun ketika beranjak tua, hapalannya berubah/jelek, dan kitabnya adalah shahih. Termasuk thabaqah ke-7, lahir tahun 95 H/96 H/100 H, dan wafat tahun 194 H atau dikatakan setahun atau dua tahun sebelum itu. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1118 no. 8042].
[10]     ‘Abdul-‘Aziiz bin Rufai’ Al-Asadiy, Abu ‘Abdillah Al-Makkiy Ath-Thaaifiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-4, dan wafat tahun 130 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 612 no. 4123].
[11]     Abu Mahdzurah Al-Qurasyiy Al-Jumahiy Al-Makkiy Al-Muadzdzin; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang mulia. Termasuk thabaqah ke-1, dan wafat tahun 59 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1200 no. 8407].
[12]     ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy bin Hassaan bin ‘Abdirrahmaan Al-‘Anbariy Abu Sa’iid Al-Bashriy; seorang yang tsiqahtsabt, lagi haafidh. Termasuk thabaqah ke-9, lahir tahun 135 H, dan wafat tahun 198 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 601 no. 4044].
[13]     Sufyaan bin Sa’iid bin Masruuq Ats-Tsauriy, Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih, ‘aabid, imam, lagi hujjah. Termasuk thabaqah ke-7, lahir tahun 97 H, dan wafat tahun 161 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 394 no. 2458].
[14]     Abu Ja’far Al-Farraa’ Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-4. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufraddan Abu Daawud [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1126 no. 8078].
[15]     Abu Salmaan Al-Muadzdzin, dikatakan bahwa namanya adalah Hammaam; seorang yang maqbuul. Termasuk thabaqah ke-3. Dipakai oleh An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1155 no. 8200].
[16]     Kaamil bin Al-‘Alaa’ At-Tamiimiy As-Sa’diy, Abul-‘Alaa’/Abu ‘Abdillah Al-Kuufiy; seorang yang shaduuq, namun banyak keliru. Termasuk thabaqah ke-7. Dipakai oleh Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan An-Nasaa’iy [Taqriibut-Tahdziib, hal. 807 no. 5639].
Berikut perinciannya :
Ibnu Ma’iin, Al-Fasawiy, dan Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat”, namun dalam riwayat lain : “Tidak mengapa dengannya”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku lihat dalam sebagian haditsnya sesuatu yang aku ingkari. Dan aku harap tidak mengapa dengannya”. Ibnu Sa’d berkata : Sedikit haditsnya, dan ia tidak seperti itu (laisa bi-dzaaka)”. Ibnul-Mutsannaa berkata : “Aku tidak mendengar Ibnu Mahdiy meriwayatkan darinya sedikitpun”. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia adalah orang yang membolak-balikkan sanad, memarfu’kan sanad mursal tanpa ia ketahui, sehingga tidak boleh berhujjah dengan riwayatnya”. Oleh karena itu, penghukuman yang lebih tepat baginya, ia adalah seorang yang shaduuq, hasan haditsnya selama tidak terdapat perselisihan [lihat : Tahriirut-Taqriib, 3/191 no. 5604].
[17]     Dzakwaan, Abu Shaalih As-Sammaan Al-Madaniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 101 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 313 no. 1850].
[18]     ‘Amru bin Raafi’ bin Al-Furaat bin Raafi’ Al-Bajaliy, Abu Hajar Al-Qazwiiniy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-10, dan wafat tahun 237 H. Dipakai oleh Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 735 no. 5063].
[19]     ‘Abdullah bin Al-Mubaarak bin Waadlih Al-Handhaliy At-Tamiimiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Marwaziy; seorang yang tsiqah, tsabat, faqiih, lagi ‘aalim. Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 118 H, dan wafat tahun 181 H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 540 no. 3595].
[20]     Ma’mar bin Raasyid Al-Azdiy, Abu ‘Urwah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, tsabat, lagi faadlil. Termasuk thabaqah ke-7, wafat tahun 154 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 961 no. 6857].
[21]     Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin Syihaab bin ‘Abdillah Al-Qurasyiy Az-Zuhriy, Abu Bakr Al-Madaniy; seorang yang tsiqah, faqiih, hafiidh, lagi mutqin. Termasuk thabaqah ke-4, wafat tahun 125 H, atau dikatakan sebelumnya. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 896 no. 6336].
[22]     Sa’iid bin Al-Musayyib bin Huzn bin Abi Wahb bin ‘Amru bin ‘Aaidz bin ‘Imraan bin Makhzuum Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy, Abu Muhammad Al-Madaniy; seorang yang telah disepakati ketsiqahan dan keimamannya. Termasuk thabaqah ke-2, dan wafat tahun 93 H/94 H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 388 no. 2409].
[23]     Bilaal bin Rabbaah Al-Qurasyiy At-Taimiy, Abu ‘Abdillah/Abu ‘Abdirrahmaan/Abu ‘Abdil-Kariim/Abu ‘Amru Al-Muadzdzin maulaa Abi Bakr; salah seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang mulia dan termasuk golongan yang pertama kali masuk Islam. Termasuk thabaqah ke-1, dan wafat tahun 17 H/18 H/20 H di Syaam. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 179 no. 787].
[24]     Sebagian ulama ada yang menerima mursal Ibnul-Musayyib, seperti Asy-Syaafi’iy rahimahullah. Al-Khathiib menukil riwayat dari Ahmad dan Ibnu Ma’iin bahwasannya mursal Ibnul-Musayyib adalah mursal yang paling shahih [Al-Kifaayah, hal. 404].
[25]     Wakii’ bin Al-Jarraah bin Maliih Ar-Ruaasiy, Abu Sufyaan Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah, haafidh, lagi ‘aabid. Termasuk thabaqah ke-9, wafat tahun 196/197 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1037 no. 7464].
[26]     Sufyaan bin Sa’iid bin Masruuq Ats-Tsauriy, telah lewat keterangan tentangnya.
[27]     ‘Imraan bin Muslim Al-Ju’fiy Al-A’maa; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-6 [Taqriibut-Tahdziib, hal. 752 no. 5204].
[28]     Suwaid bin Ghafalah bin ‘Ausajah bin ‘Aamir bin Wadaa’ bin Mu’aawiyyah bin Al-Haarits bin Maalik bin ‘Auf Al-Ju’fiy, Abu Umayyah Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-2, dan wafat tahun 80 H (dalam usia 130 tahun). Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziibhal. 424 no. 2710 dan Al-Kaasyif 1/473 no. 2197].
[29]     Sufyaan bin ‘Uyainah bin Abi ‘Imraan Al-Hilaaliy, Abu Muhammad Al-Kuufiy Al-Makkiy; seorang yang tsiqah, haafidh, faqiih, imaam, dan hujjah. Termasuk thabaqah ke-8, lahir tahun 107 H, dan wafat tahun 198 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 395 no. 2464].
[30]     Al-Laits bin Abi Sulaim Aiman/Anas bin Zunaim Al-Qurasyiy Al-Kuufiy; seorang yang dla’iif. Termasuk thabaqah ke-6, dan wafat tahun 148 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 817-818 no. 5721].
[31]     Mujaahid bin Jabr Al-Makkiy, Abul-Hajjaaj Al-Qurasyiy Al-Makhzuumiy; seorang yang tsiqah lagi imam di bidang tafsir. Termasuk thabaqah ke-3 dan wafat tahun 101/102/103/104 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 921 no. 6523].
[32]     Muhammad bin Katsiir Al-‘Abdiy, Abu ‘Abdillah Al-Bashriy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-10, lahir tahun 133 H, dan wafat tahun 223 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 891 no. 6292].
[33]     Sufyaan Ats-Tsauriy, telah lewat keterangan tentangnya.
[34]     Abu Yahyaa Al-Qattaat; seorang yang lemah haditsnya (layyinul-hadiits). Termasuk thabaqahke-6. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Abu Daawud, At-Tirmidziy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 1224 no. 8512].
Berikut perinciannya :
Syariik melemahkan haditsnya. Ahmad berkata : “Israaiil telah meriwayatkan darinya hadits-hadits yang sangat munkar dalam jumlah banyak. Adapun hadits Sufyaan darinya, maka pertengahan (muqaarib)”.
Dalam riwayat Ad-Duuriy Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Dalam riwayat Ibnu Muhriz, ia berkata : “Tidak mengapa dengannya, tsiqah”. Dalam riwayat Ibnu Thuhmaan, ia berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Dalam riwayat Ahmad bin Sinaan Al-Qaththaan, ia berkata : “Abu Yahyaa Al-Qattaat alam riwayat penduduk Kuufah semisal dengan Tsaabit dalam riwayat penduduk Bashrah”.
Abu Daawud berkata : “Seandainya apa yang dikatakan Abu Bakr bin ‘Ayyaasy tentang Abu Yahyaa Al-Qattaat adalah benar, maka tidak halal bagi seorang pun untuk meriwayatkan dari Abu Yahyaa Al-Qattaat, dan menulis hadits darinya”.
An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat (laisa bil-qawiy)”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Ditulis haditsnya”. Ibnu Sa’d berkata : “Padanya terdapat kelemahan”. Ibnu Numair berkata : “Abu Yahyaa Al-Qattaat hasanul-hadiits”. Al-Fasawiy berkata : “Tidak mengapa dengannya. Al-Bazzaar berkata : “Tidak mengapa dengannya, telah meriwayatkan darinya sekelompok ahli ilmu”. Ibnu Hibbaan berkata : “Orang yang jelek kekeliruannya serta banyak wahm-nya, hingga keluar dari jalan keadilan dalam periwayatan. Wajib menjauhi riwayatnya jika ia bersendirian, dan boleh menjadikan i’tibar jika berkesesuaian dengan riwayat perawi tsiqaat”.
[35]     ‘Abdah bin Sulaimaan Al-Kilaabiy, Abu Muhammad Al-Kuufiy; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-8, dan wafat tahun 187 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 635 no. 4297].
[36]     ‘Ubaidullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Aashim bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy Al-‘Umariy Al-Madaniy, Abu ‘Utsmaan; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-5, wafat tahun 140-an H. Dipakai Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 643 no. 4353].
[37]     Naafi’ Abu ‘Abdillah Al-Madaniy maula Ibni ‘Umar; seorang yang tsiqah, tsabat,faqiih, lagi masyhuur (w. 117 H). Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 996 no. 7136].
[38]     ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Makkiy Al-Madaniy; salah seorang shahabat Nabi yang mulia. Termasuk thabaqah ke-1, dan wafat tahun 73 H/74 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 528 no. 3514].
[39]     ‘Abdullah bin ‘Umar bin Hafsh bin ‘Aashim bin ‘Umar bin Al-Khaththaab Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-‘Umariy Al-Madaniy; seorang yang dla’iif, ahli ibadah. Termasuk thabaqah ke-7, dan wafat tahun 171 H di Madinah. Dipakai oleh Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 528 no. 3513].
[40]     Usaamah bin Zaid Al-Laitsiy, Abu Zaid Al-Madaniy; seorang yang shaduuq, namun sering ragu (yahimu). Termasuk thabaqah ke-7, dan wafat tahun 153 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy secara mu’allaq, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 124 no. 319].
[41]     Haatim bin Ismaa’iil Al-Madaniy, Abu Ismaa’iil Al-Haaritsiy; seorang yang dikatakan Ibnu Hajar : “Shaduuq, tapi sering ragu (yahimu), shahiihul-kitaab”. Termasuk thabaqah ke-8, dan wafat tahun 186 H/187 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 207 no. 1002].
Berikut perinciannya :
Ahmad berkata : “Ia lebih aku sukai daripada Ad-Daarawardiy. Mereka menyangka bahwa pada diri Haatim terdapat kelalaian, hanya saja, kitabnya shaalih (baik)”. Abu Haatim berkata : “Ia lebih aku sukai daripada Sa’iid bin Saalim”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Di lain tempat ia berkata : “Tidak kuat (laisa bil-qawiy)”.Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah lagi ma’muun, banyak haditsnya”. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat. Al-Ijliy berkata : “Tsiqah”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tsiqah”.
Melihat perkataan para imam di atas, maka Haatim lebih dekat pada ketsiqahan. Menurut Ahmad, kedudukannya lebih tinggi di atas Ad-Daraawardiy. Ad-Daraawardiy sendiri menurut pendapat yang paling kuat, adalag seorang yang tsiqah, kecuali periwayatannya dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar. Begitu juga dengan pandangan Abu Haatim, bahwa ia kedudukannya lebih tinggi daripada Sa’iid bin Saalim (Al-Qaddaah). Abu Haatim menghukumi Sa’iid dengan mahalluhush-shidq (tempatnya kejujuran). Minimal, di sisi Abu Haatim, hadits Haatim bin Ismaa’iil ini tidak jatuh dari derajat hasan. Adapun kritikan An-Nasaa’iy, maka itu bisa dijamak dengan penta’dilannya. Beberapa ulam mengatakan bahwa lafadh laisa bi-qawiy berbeda dengan laisa bil-qawiy. Yang pertama menunjukkan kelemahan secara mutlak, dan yang kedua menunjukkan adanya kelemahan yang menyebabkan dirinya tidak ada pada puncak ketsiqahan. Wallaahu a’lam[lihat : Tahriirut-Taqriib, 1/229 no. 994].
[42]     Ja’far bin Muhammad bin ‘Aliy bin Al-Husain bin ‘Aliy bin Abi Thaalib Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, Abu ‘Abdillah Al-Madaniy; seorang yang dikatakan Ibnu Hajar : “shaduuq, faqiih, lagi imaam”. Termasuk thabaqah ke-6, lahir tahun 80 H, dan wafat tahun 148 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 200 no. 958]. Bahkan ia seorang yang tsiqah. Telah ditsiqahkan para imam seperti : Asy-Syaafi’iy, Ahmad bin Hanbal, Ibnu Ma’iin, Syu’bah bin Al-Hajjaaj, Ibnu Abi Khaitsamah, An-Nasaa’iy, Abu Haatim, Ibnu ‘Adiy, Ibnu Hibbaan, Al-Haakim, Al-‘Ijliy, dan yang lainnya. Tautsiq inilah yang dikuatkan oleh Adz-Dzahabiy [Al-Mughniy, 1/211 no. 1156].
[43]     Muhammad bin ‘Aliy bin Al-Husain bin ‘Aliy bin Abi Thaalib Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy Al-Madaniy, Abu Ja’far Al-Baaqir; seorang yang tsiqah lagi mempunyai keutamaan. Termasuk thabaqah ke-4, dan wafat tahun 114 H/115 H/116 H/117 H/118 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 879 no. 6191].
[44]     Muslim bin Abi Maryam Yasaar Al-Madaniy; seorang yang tsiqah. Termasuk thabaqah ke-4. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 940 no. 6691].
[45]     ‘Aliy bin Al-Husain bin ‘Aliy bin Abi Thaalib Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy Abul-Husain/Abul-Hasan/Abu Muhammad Al-Madaniy, dikenal dengan nama : Zainul-‘Aabidiin; seorang yang tsiqah lagi tsabat. Termasuk thabaqah ke-3, dan wafat tahun 93 H. Dipakai oleh Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaa’iy, dan Ibnu Maajah [Taqriibut-Tahdziib, hal. 693 no. 4749].