SELAMAT DATANG di semuaberkarya.blogspot.com

Selasa, 06 September 2011

Puisi bencana alam karena ulah manusia

Gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, banjir, tsunami dan sebagainya adalah kejadian bencana alam yang sering melanda Negara kita. Tak ayal kejadian-kejadian tersebut menimbulkan keprihatinan yang luar biasa.  

Puisi bencana alam di bawah ini mencoba menggugah kembali rasa keprihatinan itu. Puisi bencana Alam mencoba mengambil gambaran sederhana dari apa-apa yang sedang dialami oleh mereka yang tertimpa bencana alam. 

Puisi bencana alam melukiskan betapa cerobohnya kita yang tak mampu menjaga alam ini dengan sebaiknya. Bencana alam yang terjadi kerap kali adalah di karenakan ulah tangan manusia-manusia rakus yang tak bertanggung jawab. Puisi bencana alam mencoba merefleksikan kembali bagaimana seharusnya kita bersikap tentang musibah yang sedang dialami serta timbulnya kesadaran kita untuk lebih arif dalam menjaga alam semesta ini.

Laut menggunung

Menumpahkan gundukan lava
Merampas pemukiman dengan airnya
Pun menggulung hutan dengan api ketamakan

Dimana lagi kicauan burung dapat ku temui
Hutan meringis tak lagi bersemi
Dimana lagi kan ku daki bukit nan hijau
Sebab pelepahnya kini amblas di telan bumi

Manusia-manusia hantu beringas memakan dahan di deretan sungai
Melumatnya seperti menggilas sebuah kehidupan

Kini kami termenung, air bah semakin menggunung
Periuk kami hancur terbawa air batu
Hidup kami berhenti, berkarat dan mati

Tuhan, kami manusia penuh dosa
Tangan kami berlumuran nista
Nyanyian kami hanya lah duka
Karena alam-Mu tak mampu kami jaga
-----------

Puisi bencana alam diatas menggambarkan sebuah bencana alam berupa banjir air bah yang menghanyutkan rumah-rumah penduduk. Tak lain penyebabnya karena ulah jahil manusia yang menebangi pohon dengan brutal sehingga daerah resapan air menjadi tidak ada yang akhirnya luapan sungai emosi memporak-porandakan kesombongan manusia. Puisi bencana alam bisa juga berisi tentang bagaimana kita bersikap dan membantu mereka yang lagi terkena musibah. Semoga puisi bencana alam diatas memberi inspirasi.

Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : puisi tentang bencana alam, puisi bencana, kumpulan puisi bencana alam, puisi tentang bencana, bencana alam tsunami, contoh puisi bencana alam, puisi bencana alam tsunami, cerpen bencana alam, puisi bencana alam gunung merapi, puisi bencana alam gempa bumi, puisi bencana merapi, puisi bencana alam indonesia, kumpulan puisi tentang bencana alam, contgoh puisi tentang bencana alam, puisi bencana alam di indonesia, puisi bencana alam bankir, puisi bencana alam gunung meletus, puisi bertema bencana alam, bencana alam aceh, puisi bencana alam merapi, puisi tema bencana alam, syair bencana alam, puhisi untuk bencana alam, puisi tentang bencana alam di indonesia, tragedi bencana alam di indonesia, contoh puisi bencana, kumpulan puisi tentang bencana, www.puisibencanaalam.com, sajak bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar