SELAMAT DATANG di semuaberkarya.blogspot.com

Sabtu, 27 Agustus 2011

Puisi Kemeredekaan Indonesia Tanah Tumpah Darahku

Sering orang memperbincangkan kemerdekaan, hak azasi, demokrasi, kedamaian, dan sebagainya, tetapi agak jarang kita memperbincangkan bagaimana menyumbangkan pikiran dan tenaga kita agar Indonesia menjadi negara besar. Mungkin puisi kemerdekaan dibawah ini bisa menjadi refleksi dan renungan bagi kita semua yang telah kehilangan nilai-nilai kemerdekaan yang sesungguhnya. Puisi kemerdekaan dibawah ini berjudul "Tanah Tumpah Darahku : Indonesia".

Puisi kemerdekaan dibawah ini merupakan contoh kritik sastra yang dengan gamblang mengeksploitasi bagian kelam dari alam kemerdekaan di negara ini. Puisi kemerdekaan bertajuk kritikan seperti ini mungkin agak jarang dijumpai, tapi alangkah baiknya jika kita mengambil hal-hal positif dari puisi kemerdekaan dibawah ini. Indonesia sudah lama merdeka tapi benarkah kemerdekaan itu telah di nikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di negeri ini.

Tanah Tumpah Darahku : Indonesia

Berkali-kali kita bicarakan kemerdekaan
berkali-kali kita perdebatkan hak azasi
berulang kali kita berteriak demokrasi

Tapi kemerdekaan bagi kita saat ini adalah:
selalu meminta bagian rejeki dengan rasa dengki

hak azasi bagi kita adalah:
tak lain dari keinginan untuk berbuat lebih

demokrasi bagi kita adalah:
kebebasan menuding tanpa otak yang berisi

dan kedamaian bagi kita adalah:
ketenangan berbuat salah tanpa dipermasalahkan

Begitu murkakah kita hendak bertingkah
begitu adilkah kita bila mendapat kesempatan
begitu hebatkah kita waktu ditawarkan
ternyata kita tak lebih dari domba-domba dungu
yang selalu berteriak jika tidak diperhatikan
terkutuklah kita pada tanah leluhur
tanah tumpah darah pahlawan terbujur

Makna dalam puisi kemerdekaan diatas bertumpu dari hal-hal yang timbul dalam masyarakat. Kita merasakan bahwa orang-orang pada saat ini hanya pandai menuntut, tapi agak jarang berkorban. Semoga puisi kemerdekaan diatas menjadi renungan bagi kita semua.


Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : puisi kemerdekaan indonesia, puisi pahlawan kemerdekaan, puisi tentang kemerdekaan, contoh puisi kemerdekaan, puhisi perjuangan kemerdekaan, puisi kemerdekaan chairil anwar, puisi tentang kemerdekaan indonesia, puhisi kemerdekaan republik indonesia, kumpulan puisi perjuangan kemerdekaan, puisi perjuangan pahlawan indonesia, puisi perjuangan kemerdekaan indonesia, puisi proklamasi kemerdekaan, puisi kemerdekaan blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar